Kamis, 17 Februari 2022

TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA 1-2 & 3-4 VI.B (JUMAT, 18 FEBRUARI 2022)

 

MUATAN TEMATIK

GURU KELAS : ANNISA SHABRINA, S.Pd.

 


Good morning everyone. May you be given health and always be grateful to Allah. Before starting to study, you pray first, pray Dhuha, listen to tausiah, and moroja'ah. ^.^
 
 

TEMA 9. MENJELAJAH ANGKASA LUAR

SUBTEMA 1. KETERATURAN YANG MENAJUBKAN

PB 1-2


MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : Bahasa Indonesia dan IPA

KD IPA  3.7 dan 4.7

KD BAHASA INDONESIA  3.9 dan 4.9


TUJUAN PEMBELAJARAN :

  1. Setelah membaca teks, peserta didik dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
  2. Peserta didik menjelaskan system tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca sebuah karangan fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tulisan dan menggambarkannya di dalam sebuah gambar sederhana dengan percaya diri.
  4. Dengan memerhatikan interval nada, siswa dapat menyanyikan lagu sederhana dengan seksama.

              

Bacalah artikel pada halaman 2 di buku Tema 9 dengan judul “Benda Langit di Sekitar  Kita”

                
Setiap planet dalam  tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak saling bertabrakan.

Bacalah buku cetakmu halaman 15-16 terkait teks pada gambar diatas!


Simaklah video berikut ini !

 

Tugas : Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuanmu tentang tata surya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

  1. Urutkan planet-planet pada gambar system tata surya diatas berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar !
  2. Apakah yang dimaksud dengan revolusi?
  3. Planet apakah yang mengalami revolusi paling cepat ?
  4. Yang disebut sebagai planet merah adalah . . .
  5. Tersusun dari material apasajakan cincin yang melingkari tubuh planet saturnus ?

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karangan fiksi.

    Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Tokoh, watak, alur, dan latar belakang di dalam karangan ini merupakan hasil olah piker dan kreativitas pengarangnya. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel dan cerita pendek. Di dalam sebuah karangan fiksi, terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama merupakan tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama.

Bacalah sebuah karangan fiksi pada halaman 9 dengan seksama !

Pertanyaan terkait teks fiksi diatas akan ibu guru tanyakan melalui GRUP WA, dan kalian dapat menjawab menggunakan voice di grup ya Nak ! (ibu guru akan mengecek keaktifan kalian dalam pembelajaran)

   

    Kerjakan tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT. Aamiin..👐

 

Note : Jawaban ibu guru tunggu sampai pukul 11.15 ya nak!

 

TEMA 9. MENJELAJAH ANGKASA LUAR

SUB TEMA 1. Keteraturan yang Menakjubkan

PB 3-4

MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : PPKn dan IPS

KD PPKn 3.4 dan 4.4

KD IPS 3.2 dan 4.2


TUJUAN PEMBELAJARAN :

  1. Dengan mendiskusikan alat penemuan zaman dahulu dan sekarang, siswa dapat melihat persamaan dan perbedaan cara hidup masyarakat dengan saksama.
  2. Melalui bacaan, siswa dapat mendiskusikan ciri-ciri masyarakat modern dengan saksama.
  3. Dengan mewawancarai narasumber, siswa dapat mengetahui cara hidup mereka dan membuat kesimpulan dengan akurat.
  4. Melalui bacaan tentang persatuan dan kesatuan, siswa dapat menjelaskan maknanya dengan penuh percaya diri.
  5. Dengan menggunakan teks fiksi, siswa dapat mengasosiasikan makna persatuan dan kesatuan dengan saksama. 

MODERNISASI


Agar kamu lebih memahami tentang modernisasi maka bacalah dan pahami teks pada bukumu tema 9 halaman 27  dan tentang dampak sosial modernisasi halaman 41 ! 

Kemudian lakukan kegiatan berikut ini !

TUGASMU !

Lakukan wawancara terhadap orangtua, kakek atau nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut, kemudian bandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Perhatikan contoh !

KEGIATAN

NARASUMBER

PEWAWANCARA

Cara belajar di rumah
Belajar di ruang yang sama bersama saudara yang lain, karena hanya ada satu lampu yang terang. Belajar ditemani Ayah dan ibu di ruang yang sama.
Belajar di kamar masing-masing

Cara belajar di sekolah

 



Cara menuju sekolah




Kegiatan setelah pulang sekolah atau saat libur


Mainan atau permainan favorit



 
Sertakan foto saat kalian melakukan wawancara!
 
Buatlah kesimpulan dari wawancara yang telah kamu lakukan tersebut di atas!
 
 
  

Kerjakan tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT. Aamiin..👐

 

Note : Jawaban ibu guru tunggu sampai pukul 20.00 ya nak!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar