Senin, 14 Februari 2022

TEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 5-6 VI.B (SELASA, 15 FEBRUARI 2022)

 

 

MUATAN TEMATIK

GURU KELAS : ANNISA SHABRINA, S.Pd.

 


Good morning everyone. May you be given health and always be grateful to Allah. Before starting to study, you pray first, pray Dhuha, listen to tausiah, and moroja'ah. ^.^
 

TEMA 8. BUMIKU

SUB TEMA 3. PB 5 & 6 

BUMI, MATAHARI, dan BULAN

 

Mata Pelajaran yang muncul :

IPA KD 3.8 dan 4.8

Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8 

SBdP KD 3.1 dan 4.1

PPKN 1.2; 2.2; 3.2; dan 4.2

 

Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa mampu mengidentifikasi penggunaan kalender masehi dalam kehidupan.
  2. Siswa mampu menjelaskan hal yang diketahuinya tentang Kalender Masehi dan Kalender Hijriah.
  3. Siswa belajar memahami hak dan kewajiban serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Siswa dapat membuat kembali cerita menggunakan penokohan lain.


MATERI

 IPA

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. System penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. System penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala tevolusi bulan.

1.   Tahun Masehi

    Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365  hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut :

Nama Bulan

Jumlah Hari

Januari

31

Februari

28/29

Maret

31

April

30

Mei

31

Juni

30

Nama Bulan

Jumlah Hari

Juli

31

Agustus

31

September

30

Oktober

31

November

30

Desember

31

 

 

 

 

 

Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari. Berdasarkan kala revolusi bumi, 1 tahun = 365  hari. Sisa  hari dari setiap tahun dikumpulkan sehingga setelah 4 tahun akan terkumpul menjadi 1 hari. Jadi, setiap 4 tahun sekali, jumlah hari dalam 1 tahun = 366 hari dan disebut tahun kabisat.

Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Berdasarkan perhitungan yang lebih teliti, kala revolusi bumi adalah selama 365 hari 5 jam, 48 menit.

1.    Tahun Hijriah

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29  hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29  hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut :

Nama Bulan

Jumlah Hari

Muharam

29

Safar

30

Robiul Awal

29

Robiul Akhir

30

Jumadil Awal

29

Jumadil Akhir

30

Nama Bulan

Jumlah Hari

Rajab

29

Syaban

30

Ramadan

30

Syawal

30

Zulkaedah

29

Zulhijah

29/30

     

 

 

 

 Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Berdasarkan hal tersebut, hari-hari besar Islam setiap tahun bergeser lebih awal 11 hari pada tahun Hijriah biasa, dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat.

 

Gambar di bawah merupakan Kalender Masehi & Kalender Hijriah : 

A.   Kalender Masehi

 

B.   Kalender Hijriah

 

 

PPKN

 

Bahasa Indonesia

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Dari cerita di atas, buatlah ulasan ceritamu di kolom komentar blogger ibu yaa.. ^.^

 

 Tugasmu!

Kerjakan soal di buku cerdas halaman 78-81. Soal pilihan ganda, kalian tulis jawabannya saja beserta kalimatnya di buku latihan mu yaa..😊

 

Kerjakan tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT. Aamiin..👐

 

Note : Jawaban ibu tunggu sampai pukul 11.15 ya.. ^.^

 

SEMANGAT!! ^.^

2 komentar:

  1. Ass.bu
    Nama:Natasya Aurelia H.
    Kelas:6B
    Absen:23
    Ket:Hadir

    Jawaban:
    Ulasan Cerita

    - Nama : Natasya Aurellia H
    - Judul Cerita : Kisah Rusa Muda dan Serigala
    - Tokoh Dalam Cerita : Rusa muda dan kawanan serigala
    - Karakter Tokoh Dalam Cerita : Rusa muda (protagonis), dan serigala (antagonis)
    - Alur Cerita :
    Pembukaan, pada suatu hari kawanan rusa terlihat merumput di padang yang luas dan subur. Di padang itu terdapat aliran sungai yang airnya segar dan tidak pernah habis walaupun musim kemarau.
    Isi, Lalu salah satu rusa muda mendapatkan tugas pertamanya mengawasi keadaan padang rumput tersebut. Tetapi dia lalai dengan tugasnya karena melihat rumput yang segar, dia tidak dapat menahan laparnya, lalu melupakan tugasnya.
    Penutup, Karena akibat rusa muda yang meninggalkan tugasnya, kawanan serigala masuk ke kawasan mereka. Rusa muda itupun langsung panik karena dikepung oleh serigala, dan dia berjanji tidak akan meninggalkan tugasnya lagi.
    - Bagian Cerita yang Paling Menarik : Ketika rusa menjalani tugas dengan baik

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb
    Nama:Davin Adyaksa Ramadhan
    Kelas:6b
    Jawab:
    Judul cerita:kisah rusa muda dan serigala
    Tokoh dan karakter dalam cerita:
    Rusa muda:rakus,mementingkan kepentingan sendiri dari pada kelompok
    Serigala: bekerja sama dalam kelompok dikala menyergap mangsa
    Alur cerita:
    Pembukaan:suasana padang rumput yang luas di aliri oleh sungai yang jernih.banyak binatang yang mencari makan di tempat ini
    Isi:seekor rusa muda mendapat tugas menjaga kawanan dari ancaman kawanan serigala.namun karena dia rakus dan mementingkan diri sendiri,kawanan serigala tidak terlihat ketika mendekati kawanan rusa dan binatang lain.
    Penutup:akibat kecerobohan dan kerakusan nya,rusa muda menjadi mangsa kawanan serigala

    BalasHapus